Rabu, 05 Oktober 2011

Bahagia itu mudah


Bahagia....setiap orang pasti menginginkan kebahagiaan bukan?
Apa dan bagaimana bahagia itu?
Kapan dan mungkinkah kita mendapatkan bahagia itu?

Sebenernya setiap orang mempunyai kadar pencapaian kebahagiaan yang berbeda, dan bahkan mungkin beberapa orang merasakan betapa "mahal" kebahagiaan itu. Sedikit masukan bahwa bahagia itu sebenarnya tidaklah sulit, dan juga tidaklah mahal jika kita mau membuka diri dan melihatnya.

1. Kebahagiaan tidak bisa kita dapatkan dari orang lain, tapi harus dari dalam diri kita sendiri.
Caranya? Terimalah diri kita apa adanya, sambil berpikir dan bersyukur betapa kita sudah menjadi diri kita. Maka kebahagiaan yang sesungguhnya akan datang tanpa kita duga.

2. Tidak ada gunanya membandingkan diri kita dengan orang lain, karena setiap orang dilahirkan berbeda. Terimalah kehidupan kita dengan apa adanya, dan mengisinya dengan keimanan akan menambah bobot kebahagiaan itu sendiri.

3. Berbuat baik pada sesama tanpa mengharapkan imbalan dan ucapan terima kasih akan memperkecil rasa kecewa. Tersenyum dan ramah pada orang-orang di sekeliling merupakan perbuatan yang paling mudah dan akan membuat nyaman orang lain.

4. Jangan terlalu keras pada diri sendiri, dan jangan terlalu memberi beban berat melebihi kemampuan. Cari dan pahami batasan diri sendiri.

5. Jadikan kesulitan sebagai hal yang positif yang dapat mengantarkan pada jawaban yang benar. Jangan mencemaskan hal yang sebenarnya sepele sehingga menjadi besar dan tidak dapat diselesaikan. Semakin sering kita melewati kesulitan akan semakin mudah jalan keluar terlihat.

6. Dekatkan diri pada Allah SWT, terima ketentuanNya dengan ikhlas, hindari ketakutan. Amati hal kecil dalam kehidupan kita, yang sebenarnya dapat menghibur dan mendatangkan kebahagiaan. Seperti keindahan alam, atau suara tawa anak kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar