Minggu, 09 Oktober 2011

Televisi dan Anak

Banyaknya program televisi, memungkinkan kita untuk memilih program mana yang dapat dikonsumsi oleh anak. Namun, sebagai orang tua tentu saja harus tetap waspada agar kita tidak "kecolongan", karena adanya ancaman kekerasan dan pornografi yang mengintai anak kita saat menonton televisi.
Oleh karena itu, pendampingan anak saat menonton adalah hal mutlak yang perlu dilakukan. 
Selain itu, ada hal mendasar yang harus juga dilakukan oleh orang tua, menurut Psikolog anak Vera Itabiliana beberapa rumus yang dapat dilakukan orang tua agar televisi dapat menjadi sahabat anak adalah sebagai berikut:


1. Penempatan televisi, sebaiknya televisi ditempatkan di ruang tengah bukan di kamar anak, agar orang tua mudah memantau tontonan anak.


2. Batasi waktunya, hal ini dimaksudkan agar anak tidak terganggu konsentrasi belajarnya.


3. Dampingi anak, sesibuk apapun ada baiknya mendampingi anak agar jika mereka bertanya tentang program tersebut dapat langsung dijawab.


4. Seleksi program acara, penyeleksian ini sangat penting karena mempengaruhi tumbuh kembang dan perilaku anak.


5. Berikan alternatif kegiatan lain, karena bukan tidak mungkin anak merasa bosan dengan tontonan di televisi, bermain adalah alternatif lainnya.


6. Berikan contoh, misalnya apabila pulang bekerja anda langsung menonton televisi, karena anak akan memperhatikan dan bukan tidak mungkin anak menirunya.


sumber: okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar