Senin, 17 Oktober 2011

Cara Pembuatan Yogurt

Sekarang saya akan menuliskan cara pembuatan yogurt yang mudah dan bisa dipraktekkan di rumah...

Saya banyak menemukan cara membuat yogurt dari internet, memang yah di internet banyak ilmu yang terpendam. oke, saya cari-cari dan silahkan menyimak dan mempraktekkan...

Bahan yang dipakai gak susah kok nyarinya, susu murni yang plain, boleh yang sudah dikemas boleh yang masih asli tapi kalau yang asli harus di pasteurisasi dulu ya, pake susu bubuk( krim) juga panaskan susu tapi jangan sampai mendidih ya, setelah itu diangkat tiriskan sebentar.

Lalu, masukkan bibit yogurt. Bisa dari yogurt yang sudah jadi di supermarket yang masih plain ya, jangan yang sudah ada rasanya terus yang ada tulisannya live culture (kultur aktif) ya...selanjutnya simpan di tempat yang tertutup atau mau dimasukkan ke dalam plastik juga boleh.

Selanjutnya proses inkubasi, simpan di tempat hangat selama minimal 6-8 jam, ada yang bilang sampai 24 jam juga sih. Pada proses ini jangan dimasukkan ke dalam lemari es dulu yah, nanti tidak akan jadi prosesnya. Setelah menunggu, proses inkubasi selesailah yogurt kita.
Bentuk yogurt yang sudah jadi adalah bentuknya kental dan rasanya yang asam.

Supaya lebih enak boleh ditambahkan sirup ataupun gula, atau juga ditambahkan perasa makanan supaya lebih mantap...yogurt yang baru jadi bisa kita sisihkan sedikit untuk dibuat lagi menjadi bibit yogurt selanjutnya.

Jangan lupa alat-alat yang dipakai untuk membuat yogurt harus steril ya, dibilas air panas dulu sebelum dipergunakan, karena proses tidak akan berjalan lancar kalau kurang steril alatnya.

2 komentar:

  1. Salam kenal :) Aku suka banget yogurt ^^

    BalasHapus
  2. salam kenal juga mba eni...terima kasih sudah mampir, iya saya juga suka, dari suka akhirnya jualan deh sekarang hihihi...masih kecil2an sih...ayo, coba dipraktekin gak susah kok:)

    BalasHapus