Sabtu, 29 September 2018

4 Tips Menjaga Lingkungan Rumah, Yang Mendukung Tubuh Tetap Sehat Selama Musim Hujan


Sebentar lagi musim hujan segera datang, untuk menyambut kedatangan musim hujan, mari kita jaga kesehatan agar tetap fit dan sehat menghadapi musim hujan.

Mengapa ketika musim hujan kesehatan sering menurun? Ternyata karena udara sedang lembab, dan ketika udara lembab maka virus dan bakteri lebih mudah berkembang. Jadi... Menjaga kesehatan harus lebih ekstra lagi, agar tetap maksimal menjalani hari yang penuh aktivitas.

Selain tubuh yang dijaga, keadaan rumah juga perlu diperhatikan. Karena rumah tempat untuk kembali, untuk istirahat, berkumpul dengan keluarga sehingga keadaannya harus diperhatikan. Bagaimana menjaga agar keadaan rumah mendukung kesehatan keluarga? Simak berikut:

1. Membersihkan lantai dan dinding

Saat musim hujan datang, membersihkan lantai dan dinding rumah menjadi hal penting, pastikan tidak ada jamur yang menempel, karena suhu yang lembab dapat mempercepat pertumbuhan jamur yang ada pada rumah. Disarankan menggunakan disinfektan, karena penggunaan disinfektan pada rumah tangga terbilang efektif untuk menghilangkan kuman penyebab penyakit khas musim hujan, seperti flu, batuk, radang tenggorokan.
Jika rumah terkena banjir saat hujan, maka pemakaian disinfektan semakin diperlukan. Apabila rumah masih ada bau lembab artinya masih ada tumpukan kuman, pakailah disinfektan sekali lagi untuk membersihkan tempat tersebut.

2. Perbaiki atap dan saluran air

Pada saat belum musim hujan, atap akan terlewat untuk diperiksa. Maka, sebelum musim hujan datang ada baiknya memeriksa atap agar tidak kerepotan pada saat musim hujan datang. 
Saluran air juga perlu diperhatikan, agar air dapat mengalir dengan baik tidak menyebabkan sumbatan dan penumpukan sampah. Menghindari kebocoran dan sumbatan akan mengurangi kadar kelembaban di rumah, hal ini akan mengurangi kuman untuk berkembang biak.
Usahakan sinar matahari masuk ke rumah, hal ini dimaksudkan agar ada kehangatan didalam rumah.

3. Perhatikan halaman/teras

Teras dan halaman adalah tempat menyenangkan untuk menghabiskan waktu dengan keluarga, sambil duduk santai menikmati udara sore juga cemilan akan menambah kedekatan pada keluarga. Pada musim hujan ada kemungkinan perabotan dan lantai menjadi basah dan lembab, inilah yang harus diwaspadai karena kuman dan bakteri akan mudah berkembang biak. Ada baiknya memasukkan perabotan ke dalam rumah saat musim hujan datang, agar tidak menjadi tempat kuman berkembang biak.
Mengepel lantai teras dan yang terkena cipratan air hujan juga perlu dilakukan, menghindari lantai licin yang dapat membuat terpeleset, juga untuk menghilangkan kuman.

4. Membersihkan rumah berkala


Membersihkan rumah secara berkala, membuang sampah dengan baik juga diperlukan karena udara yang lembab dapat membuat pembusukan lebih cepat dan mengundang kuman datang. 

Jadi, sudah siap menyambut musim hujan? Dengan mempersiapkan rumah untuk kenyamanan dan dapat menjaga kesehatan tubuh juga. Jangan lupa memakai pakaian hangat selama musim hujan, mencuci tangan dan kaki ketika datang dari luar rumah juga dapat dilakukan untuk mengurangi menempelnya virus dan bakteri. 
Semoga sehat selalu, ya!

Foto : kompasiana.com
           housing-estate.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar