Jumat, 28 September 2018

Menggendong Bayi Memakai Kain Jarik, Meskipun Jadul Tapi Banyak Manfaatnya!



Hai, para Ibu yang memiliki bayi, menggendong bayi pasti bukan hal asing lagi, kan? Menggendong sudah menjadi kewajiban bagi para orang tua, terutama Ibu. Bayi kan belum bisa jalan sendiri, perlu digendong kesana kemari. 
Nah, jangan salah nih menggendong bayi itu banyak manfaatnya, loh.

1. Menanamkan kedekatan dengan Ibu

Naluri Ibu itu harus dilatih, awal punya bayi para Ibu mungkin masih bingung, apakah bayi menangis karena lapar, sakit, atau hanya ingin digendong. Rasa sayang Ibu akan lebih terasa ketika bayi digendong, karena dekat dengan jantung Ibu.
Dengan menggendong bayi, maka rasa kedekatan akan muncul lebih baik. Bayi merasa aman, Ibu juga nyaman karena dapat memenuhi kebutuhan bayi lebih cepat. Bayipun akan terhindar dari rewel atau menangis.

2. Mempermudah pemberian Asi

Ketika menggendong dengan kain jarik, maka posisi bayi akan dekat dengan payudara Ibu, sehingga bayi akan nyaman dan Ibu juga tidak akan risih karena tidak akan terlihat oleh orang lain. Kapanpun bayi merasa lapar, maka Ibu dapat dengan mudah memberikan Asi. Pemberian Asi tidak melihat jadwal, tetapi lebih kepada kapanpun bayi ingin maka Ibu berikan.

3. Pengganti tengkurap
                                           Foto : nulis.co.id

Bayipun perlu waktu untuk tengkurap, terkadang orang tua apalagi pasangan muda masih bingung untuk melakukannya. Dengan menggendong memakai kain jarik, proses tersebut dapat dilakukan. Posisi bayi yang menempel ke dada Ibu yang menggendong sama fungsinya dengan posisi tengkurap.
Sebagai catatan bayi di bawah usia 4 bulan digendong depan dengan posisi upright di tengah agar bayi bisa bersandar di dada penggendong. Di atas usia 4 bulan dan lehernya sudah kuat, bisa mulai gendong samping atau hip carry.

4. Membantu perkembangan bicara bayi

Bayi yang digendong akan mengenal cara bicara Ibu, mimik muka, intonasi suara yang dikeluarkan oleh Ibu. Hal inilah yang akan membantu perkembangan bicara bayi.
Manfaat bisa diperoleh jika cara menggendongnya benar, seperti mengajak bayi bicara atau bernyanyi saat memakai kain. Kemudian wajah bayi saling berhadapan dengan ibu agar tercipta ikatan emosional.


Ini baru sedikit manfaat dari menggendong memakai kain jarik. Meskipun terkesan "jadul" tapi pemakaian kain jarik banyak manfaatnya, jangan merasa takut kalau anak digendong terus jadi manja. Manfaat menggendong jauh lebih baik, itu saja yang diingat.
Para pasangan muda bahkan artis pasangan muda juga memakai kain jarik ketika menggendong bayi mereka. Jadi, menggendong memakai jarik bisa juga disebut kekinian, loh.

Selamat menggendong, rasakan sensansi dan hasil gendongan dengan bayi, bikin ketagihan!

Foto : ibupedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar