Senin, 24 September 2018

Senang Traveling, Bareng Anak Aja Banyak Manfaatnya


Traveling, adalah kesukaan banyak orang. Mengunjungi tempat-tempat baru, melihat hal baru, mengenal suasana baru yang berbeda dari lingkungan sehari-hari kita, pastinya menyenangkan banget.
Bagaimana ceritanya kalau travelingnya bareng anak, kira-kira menyenangkan atau malah bikin repot? Tergantung kitanya juga, selama sudah mempersiapkan segala sesuatunya pasti banyakan senangnya daripada repotnya, deh.
Penting dipikirkan adalah anak akan cepat besar, yang tadinya kita orang tua merasa repot bawa anak, tak lama lagi anak yang gak mau diajak oleh kita. Time flies so fast, jadi... Jangan merasa repot traveling dengan anak, deh. Banyak manfaat dari traveling bareng anak, kedekatan dan pengalaman baru akan membekas dalam ingatan anak.
Sebenarnya untuk traveling gak perlu yang jauh atau membutuhkan waktu lama, karena inti dari traveling adalah kedekatan yang ingin dibangun. Manfaat apa saja yang didapat ketika traveling dengan anak, simak sharing berikut :

1. Kedekatan dengan anak

Selama perjalanan dari rumah menuju tempat wisata dapat dipergunakan untuk mengobrol, bercanda, curhat, sehingga anak merasa nyaman dan orang tua jadi lebih mengetahui karakter anak. Anak mungkin tidak akan ingat detail kegiatan, tapi perasaan senang dan bahagia akan terpatri dalam ingatannya. 

2. Anak lebih mandiri dan berani

Saat di tempat wisata akan ada banyak orang disana, ada antrian tiket, ada antrian spot foto, anak akan belajar hal baru bahwa ada beberapa hal yang tidak dapat langsung dimiliki. Selain itu, saat berwisata anak diajarkan untuk lebih berani. Berani mencoba adalah salah satunya, pada saat pergi ke pantai anak akan mencoba bermain dengan air yang ternyata dapat menggeser tubuh mereka lebih jauh ke tengah.

3. Menggali interest anak

Dengan membawanya ke berbagai tempat wisata, akan membuat anak lebih tahu apa yang dia sukai. Misalnya, ternyata dia lebih menyukai alam daripada wahana bermain, atau bahkan anak lebih suka berfoto di setiap tempat yang dikunjungi. 

4. Mengenal perbedaan

Perbedaan bahasa, kebiasaan, makanan di suatu tempat wisata akan membuat anak lebih mengenal perbedaan, akan terbentuk pemikiran bahwa perbedaan itu bukan untuk dibesar-besarkan tapi ada dan biasa. 

5. Lebih menghargai lingkungan

Dengan melihat keindahan alam yang diciptakan Allah, kita dapat memberikan masukan betapa lebih baiknya jika semua ini dipelihara. Peka terhadap lingkungan, yang paling ringan adalah anak sadar bahwa membuang sampah sembarangan akan merusak alam dan menjadikan lingkungan tidak indah lagi.

Itu baru sedikit dari manfaat yang didapat dari traveling dengan anak, jangan berharap kesempurnaan berlibur, karena anak dapat memberikan kejutan kapanpun juga. Kekacauan kecil saat berwisata akan menjadi kenangan lucu dan manis saat mengingatnya di masa depan. Traveling dengan anak adalah hal menyenangkan yang selalu ingin dilakukan kembali, silakan mencoba.

Ada yang merasakan manfaat lebih dari traveling dengan anak, boleh berbagi disini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar