Jumat, 21 September 2018

Hamil atau Bukan, Cek Tanda-Tanda Gejala Awal Kehamilan


Bagi pasangan suami istri pasti mengharapkan adanya keturunan. Harap-harap cemas kapan akan hamil menjadi pertanyaan bagi suami istri. Tapi, banyak pasangan yang belum mengetahui tanda-tanda awal kehamilan. Memang beberapa tanda mirip dengan tanda menjelang menstruasi, apa saja tanda awal kehamilan, mari disimak!

Perubahan pada Payudara
Payudara menjadi padat dan berat, sekitar aerola berubah warna menjadi lebih gelap, perubahan ini disebabkan oleh adanya peningkatan produksi hormon esterogen dan progesteron. Perubahan payudara terjadi juga ketika akan menstruasi, perbedaannya adalah ketika menstruasi terjadi payudara menjadi normal kembali, sedangkan pada kehamilan akan berlangsung lama.

Kram Perut
Gejala akan menstruasi ketika kram perut berlangsung lama kurang lebih 24-48 jam sebelum menstruasi, nyeri kramnya terasa seperti perut bawah diperas sesekali yang diikuti oleh nyeri punggung, atau mungkin hanya mengalami kembung di daerah perut. 
Ketika gejala hamil yang dirasakan banyak wanita adalah nyeri berpusat lebih di satu sisi dari yang lainnya. Sebagian wanita mengatakan bahwa rasanya seperti dicubit atau ditarik, tidak seperti kram yang sebenarnya.

Mual di Pagi Hari
Mual dan muntah adalah ciri khas dari gejala hamil, tidak semua wanita mengalami gejala mual dan muntah ini. Pemicu dari mual dan muntah di pagi hari ini adalah adanya peningkatan hormon secara tiba-tiba dalam aliran darah. Hormon tersebut bernama HCG (Human chorionic Gonadotrophin), yang terjadi juga di saluran kencing. Oleh karena itu, test-pack kehamilan dlihat dari air seni. Meskipun sebutannya morning sickness, tapi mual dapat terjadi sepanjang hari.
Sedangkan pada gejala menstruasi mual ini tidak terjadi.

Terlambat datang bulan belum tentu hamil
Selama ini dikatakan jika terlambat datang bulan sudah pasti hamil, ternyata tidak sepenuhnya benar. Memang terlambat datang bulan adalah salah satu gejala hamil tapi bisa terjadi karena stres, perubahan pola makan, peningkatan aktivitas fisik, dan sekelompok faktor eksternal lainnya. Jika berada di bawah tekanan stres berat, haid yang terlambat mungkin hanya alarm tubuh untuk mengingatkan Anda beristirahat sejenak.
Cara untuk membedakannya adalah dengan melakukan tes kehamilan, jika sudah yakin segeralah menghubungi dokter agar kehamilan tetap sehat terjaga.

Itulah tanda-tanda awal kehamilan atau menstruasi,  selain itu perubahan hormon dapat mengubah mood, wanita hamil cenderung  sensitif, bahkan ada kemungkinan cepat terkena flu. Jadi...hamil atau tidak ya?

Foto : pexels.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar