Minggu, 30 September 2018

Inilah 3 Perbedaan Melahirkan Normal Dan Caesar, Wajib Dibaca Untuk Ibu Yang Akan Melahirkan!


Melahirkan, bagaimanapun prosesnya tetap merupakan perjuangan seorang Ibu untuk melahirkan buah hatinya ke dunia. Bukan perkara mudah dalam melahirkan seorang anak dari rahim Ibu, bahkan Allah swt. Mengganjarnya dengan surga jika seorang Ibu meninggal saat melahirkan.

Betapa mulia seorang Ibu, betapa kuat, karena betapapun sakit yang dirasakan tidak menyurutkan keberanian Ibu untuk memiliki anak. Proses mengandung sudah cukup memberatkan, dari kepayahan mual, kemudian sulit tidur, sulit bernafas, hingga penghujungnya yang klimaks proses melahirkannya. 

Tidak ada satu orang wanita yang melahirkan tanpa taruhan nyawa, semua memiliki resiko yang sama, apapun caranya apakah secara normal atau caesar. 
Bagaimana perbedaan kedua proses ini, silakan disimak :

1. Jalan lahir
Pada persalinan normal, proses melewati vagina sehingga akan membuat sedikit perubahan. Namun, jangan khawatir, setelah 40 hari rahim dan organ intim wanita akan kembali ke bentuk semula, apalagi jika dibantu dengan senam kegel. Sebetulnya organ intim wanita atau "miss v" itu sifatnya elastis, bahkan bisa mengembang hingga dua kali lipat.

Pada caesar, memang vagina tidak akan mengalami perubahan, tapi bekas sayatan pada perut dapat menyebabkan keloid, dan itu memerlukan perawatan lebih lanjut.

2. Waktu pemulihan
Persalinan normal cenderung lebih cepat pemulihannya, Ibu dapat segera pulang dari rumah sakit. Bayipun dapat segera diboyong ke rumah apabila sehat. Tidak ada obat yang diberikan kecuali jika sangat diperlukan.

Pemulihan pada Ibu yang melahirkan secara caesar lebih lama daripada yang normal, biasanya 3-4 hari. Pemberian obat anti nyeri dan antibiotik akan diberikan kepada Ibu selama proses pemulihan.

3. Memilih tanggal melahirkan
Pemilihan tanggal di persalinan normal tidak dapat dilakukan, gejala alami akan dirasakan Ibu tanpa bisa diatur. Kondisi alami ini diperlukan karena bayi lebih siap untuk dilahirkan, tubuh Ibu juga akan mempersiapkan diri untuk melahirkan.

Pada proses caesar, tanggal dapat ditentukan berdasarkan pendapat dokter dan orang tua. Biasanya dokter akan menghitung kapan bayi kira-kira sudah siap untuk dilahirkan. 

Nah, sudah ada gambaran bagaimana proses melahirkan secara normal dan caesar, kan? Jadi mau pilih yang mana dikembalikan pada ketentuan Allah swt. Yang diinginkan setiap Ibu pasti melahirkan dengan yang terbaik, normal, sehat. Semoga selalu diberi kemudahan dan kesehatan, ya para Ibu.

Foto : alodokter.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar