Kamis, 20 September 2018

Hilangkan Stress, 5 Menu ini Mudah Didapat Dimana Saja


Stress dapat terjadi pada siapa saja, baik laki- laki, perempuan, anak-anak, maupun dewasa. Mengapa timbul stress menjadi hal berbeda bagi tiap orangnya. Tapi, kali ini kita tidak akan membicarakan mengapa terjadi stress, sebaliknya kali ini akan dipaparkan makanan apa saja yang dapat menghilangkan atau mengurangi stress, yuks... Meluncur!
Makanan, menjadi hal yang utama untuk banyak orang, makanan dapat menjadi lawan atau kawan. Begitu pula ketika stress melanda, terkadang dengan makanan tingkat stress akan berkurang atau hilang sama sekali, mau tahu apa saja makanan dan minuman penghilang stress?

1. Teh hijau
Teh hijau mengandung theanin yang menurut penelitian dapat mendorong otak dalam kinerja mental, mendorong perasaan senang. Minum dua kali sehari atau secangkir menjelang tidur dapat menjadi pembantu relaksasi setelah seharian penuh tekanan.

2. Alpukat
Alpukat kaya akan glutathione, zat yang secara khusus menghambat penyerapan usus dari lemak tertentu yang menyebabkan kerusakan oksidatif, alpukat juga mengandung lutein, beta karoten, vitamin B dan E, serta asam folat yang lebih banyak daripada buah lainnya.
Cara menikmati alpukat bisa sesuai selera, misalnya dijadikan jus, atau ambil setengah porsi alpukat dengan perasan jeruk nipis di atasnya, dan makan dengan sendok. Harus diingat karena alpukat mengandung banyak lemak maka konsumsilah dengan bijak.

3. Cokelat
Cokelat, siapa yang tidak mengenal makanan yang ternyata telah lama dipercaya sebagai makanan penghilang stress, cokelat hitam khususnya, yang diketahui dapat menurunkan tekanan darah dan menambah rasa tenang. Cokelat mengandung lebih banyak polifenol dan flavonol, dua jenis antioksidan penting. Cokelat hitam memang mampu mengatur kadar kortisol, hormon yang bertanggung jawab terhadap rasa stres. Selain itu, cokelat juga ampuh membantu menstabilkan metabolisme tubuh kita.
Jika tidak menemukan cokelat, susu cokelat juga dapat dikonsumsi untuk meredakaan stress dan meningkatkan mood.

4. Kacang Mete
Kacang mete adalah sumber seng (Zinc) yang sangat baik. Kadar seng dalam tubuh yang rendah dapat meredakan kecemasan dan depresi. Karena tubuh tidak bisa menyimpan seng, maka dengan mengkonsumsi kacang mete kadar seng akan didapatkan.
Jadikan kacang mete sebagai camilan atau dapat juga dicampur dengan tumis sayuran, maka stress akan berkurang.

5. Pisang
Stress dapat meningkatkan tekanan darah, dengan mengkonsumsi pisang maka tekanan darah akan menuru. Pisang memiliki kandungan vitamin A, B, dan C yang berguna untuk menstabilkan tekanan darah.
Pisang mengandung potasium dan magnesium yang mampu melemaskan otot tubuh. Selain itu, pisang juga menjadi makanan populer bagi para atlet usai latihan. Buah ini juga mengandung triptofan, bahan kimia yang mampu memberikan sensasi rileks pada tubuh.

Jadi, tidak susah bukan mencari makanan dan minuman untuk menghilangkan stress? Dijamin tidak akan menambah stress ketika mencari dan mengkonsumsi, selamat mencoba dan banyak mendekatkan diri pada Allah juga ya supaya terhindar dari stress.

Gambar : pexels.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar