Senin, 10 September 2018

Lotek, cita rasa kuliner khas Bandung


               Gambar : detik.com


Haiii....ngobrolin kuliner tidak akan ada habisnya, beragam makanan tradisional terdapat di Indonesia ini. Kali ini kita akan membahas makanan tradisional yang sehat dan lezat khas Bandung.
Bermacam sayuran ada di makanan ini, berbumbu kacang dan ditabur bawang goreng menambah nikmatnya. Ada yang tahu makanan apakah ini? Yups...lotek.

Banyak penjual lotek yang tersebar di Bandung, ada yang sudah berjualan bertahun-tahun dan turun temurun, dan tetap ramai sampai sekarang. Bahkan ada juga yang berjualan dengan berkeliling menggunakan gerobag atau motor.

Berikut 5 tempat lotek yang dapat dikunjungi ketika di Bandung, simak yuks...

1. Lotek Alkateri
Lotek yang berada di jalan ABC no 16, di depan toko karpet mempunyai keunikan tersendiri dalam penyajiannya. Lotek disajikan dikertas nasi yang dibuat seperti cone ice cream, rasa loteknya juara juga, loh. Ada dua pilihan rasa juga yang biasa dan pahit, yang pahit ini ditambah daun pepaya dan paria, boleh dicoba kalau penasaran.
Buka setiap hari kecuali hari senin libur.

2. Lotek dan rujak Banteng 67
Lotek ala rumahan ini tepatnya berada di jalan Banteng no 65-67 Bandung. Soal rasa boleh dicoba sendiri deh, yang semakin menambah nikmatnya adalah ruangan tempat makan lotek ini, di ruang tamu rumah, jadi serasa makan dirumah.
Nasi atau lontong juga bisa dipesan untuk menemani lotek yang bumbu kacangnya mantap banget ini.
Warung lotek dan rujak ini buka setiap hari, jadi silahkan berkunjung.

3. Lotek Kalipah Apo
Terletak di jalan kalipah apo no. 42 ini sudah ada dari tahun 50-an, jadi sudah pasti teruji rasanya. Kelegitan dari bumbu kacangnya membuat pelanggan datang kembali kesini, karena kacang dan sayurannya diperlakukan khusus, sehingga rasa yang terciptapun istimewa. kalian mau coba juga? Silakan melipir kesini.

4. Lotek Cihapit Ibu Siti
Berada di dalam gang di seberang bank BRI atau Polsekta Bandung Wetan,  warung ini tidak pernah sepi pengunjung, lotek yang dilengkapi dengan potongan tahu dan tempe goreng  ini menambah sensasi dalam menyantap kuliner khas Bandung ini.
Buka setiap hari, warung ini selalu dipenuhi pelanggan bukan hanya dari dalam kota tapi juga luar kota. Jangan lupa mampir jika lewat sekitaran jalan cihapit.

5. Lotek Paranti
Lotek dengan porsi jumbo, dapat ditemui di jalan cilentah no. 4 Bandung. Keunikan lotek ini adalah tidak berair meskipun dibiarkan beberapa jam, kuncinya ada pada tambahan kentang rebus pada loteknya. Bumbunya yang pas di lidah dan ditambah dengan emping (krupuk melinjo) menambah nikmatnya.

Gimana, sudah penasaran sama salah satu atau bahkan mau coba semua, silakan menikmati sajian tradisional Bandung ini. Oh,iya biasanya ada dua pilihan lotek yang bisa dipesan, yaitu lotek matang yang sayurannya sudah direbus/dikukus, ada juga lotek mentah yang sayurannya masih mentah seperti kol, mentimun, toge, dll. Pilihan terserah pada selera masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar