Jumat, 07 September 2018

Manfaat teh untuk kecantikan




Haiii....siapa yang tidak tahu teh? Sepertinya semua sudah tahu apa itu teh. Kebanyakan mengetahui teh sebagai minuman, yups, benar sekali. Teh merupakan salah satu minuman favorit di Indonesia ini.
Beragam jenis teh juga sudah banyak diketahui, ada teh hijau, teh hitam, teh melati, dan sebagainya. Kali ini tidak akan dibahas tentang teh sebagai minuman, tapi akan dikupas tentang teh sebagai penunjang kecantikan, penasaran?

Teh mengandung kafein dan antioksidan yang tinggi sehingga mampu merawat kulit wajah, bahkan mengandung vitamin E yang baik untuk wajah. Bagaimana cara penggunaan teh untuk wajah? Teh dapat dijadikan masker alami, simak caranya berikut ini.

1.  Masker Teh dan Lemon
Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan 3 sendok makan tepung beras, 2 sendok makan air teh, dan 2 atau 3 tetes air jeruk lemon. Campur hingga merata dan pakai di wajah selama 20 menit, kemudian basuh dengan air dingin. Manfaat teh untuk wajah pada masker ini untuk menghindari kekeringan pada kulit wajah dan lingkaran hitam pada mata. Lemon digunakan karena khasiat lemon sangat baik untuk kulit dan rambut. Manfaat jeruk lemon untuk wajah  diantaranya adalah untuk mengatasi jerawat dan kulit berminyak. Sedangkan manfaat lemon untuk rambut adalah mengatasi rambut rontok, menguatkan akar rambut, melebatkan dan banyak lagi.

2.  Masker Teh dan Maizena
Tepung maizena tidak hanya bermanfaat untuk masak saja, lho. Tepung ini juga dapat dicampurkan dengan teh menjadi masker wajah. Bahannya, campurkan 3 sendok makan tepung maizena dan 3 sendok makan air teh. Pakai di wajah selama 10 – 25 menit, bilas dengan air dingin. Campuran ini berguna untuk menghilangkan atau menyamarkan noda hitam dari kulit.

3. Masker Teh dan Madu
Madu memiliki banyak manfaat untuk perawatan kecantikan dan tubuh. Diantaranya ada manfaat madu untuk bibir, manfaat madu untuk rambut, manfaat madu untuk rambut bayi, dan manfaat madu untuk masker wajah. Campuran 100 ml air teh yang diseduh dengn air panas, dinginkan, lalu tambahkan 2 sendok teh tepung beras dan setengah sendok madu murni. Aduk semua sampai rata, pakai di wajah dan tunggu sekitar 20 menit atau sampai kering, baru kemudian dibilas. Bisa dilakukan 1 atau 2 kali seminggu. Masker ini bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dan mencerahkan kulit wajah.

Selain untuk masker, teh basi dapat juga dipakai untuk wajah, apa itu teh basi? Yaitu teh yang disimpan semalaman, baru dipakai keesokan harinya. Manfaatnya jika dipakai untuk mencuci muka adalah menghilangkan jerawat, mencerahkan muka, dan menghilangkan keriput.

Gimana, dengan teh yang ada saja bisa dipergunakan untuk merawat wajah, loh! Ternyata perawatan dirumah dengan bahan yang ada dan sederhana bisa menjadi alternatif ya.

Selamat mencoba yaaa!

Gambar : pixabay.com
Sumber : klinikkecantikan.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar