Senin, 24 September 2018

Atasi Mual Saat Hamil, Cek Pola Makan ini, Nomer 4 Penting!


Sudah umum terjadi pada ibu hamil, pada awal-awal bulan pertama kehamilan terasa mual. Rasa mual yang timbul saat hamil dikarenakan hormon estrogen yang meningkat lebih tinggi semasa kehamilan. Tidak semua ibu merasakan mual di pagi hari, untuk yang merasakan morning sickness ada tips agar rasa mual berkurang. 
Konsumsi makanan yang tidak memicu mual saat sarapan adalah salah satu cara untuk mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Apa saja menu sarapannya, boleh disimak berikut ini :

1. Teh hangat
Meminum secangkir teh hangat di pagi hari dapat mengurangi mual, kandungan zat kafein dalam teh dapat memberikan rasa nyaman. Hindari kopi dan krimer pada pagi hari karena akan menyebabkan rasa mual dan asam lambung yang meningkat.

2. Hindari makanan berlemak
Makanan mengandung santan dan berlemak berpotensi menyebabkan rasa mual, hindari makanan ini saat sarapan. Makanan bertekstur lengket juga cenderung menghilangkan selera makan bagi ibu hamil. 
Sebaiknya konsumsi makanan yang kering dan ringan seperti crackers, serelia, dan sebaiknya makanlah camilan ringan pada saat baru bangun tidur, karena pada saat tidur gula darah cenderung menurun.

3. Susu tidak wajib
Jika meminum susu membuat mual dan muntah, sebaiknya hindari dulu. Susu dapat diolah menjadi puding atau makanan lain yang lebih menunjang selera makan. Minum air putih idealnya adalah sebanyak 10-12 gelas perhari, usahakan tidak banyak minum saat makan tapi diantara jam makan.

4. Makan dengan porsi kecil
Ibu hamil tetap harus makan, jika makan sekaligus porsi besar mungkin menyebabkan tidak selera. Makanlah dengan porsi sedikit tapi sering, sehingga kebutuhan tubuhpun terpenuhi. Menikmati secangkir air jahe hangat juga dapat mengurangi rasa mual. Jus jeruk juga dapat menjadi alternatif untuk mengurangi mual.

Semoga bermanfaat bagi ibu hamil yang sedang mengalami mual dan muntah, nikmati setiap prosesnya, ya. Bayangkan akan ada anak yang lucu yang akan terlahir ke dunia, rileks dalam menjalani hari kehamilan juga merupakan salah satu cara menghilangkan mual. 
Tetap semangat dan selamat berbahagia.

Foto: pexels.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar