Kamis, 13 September 2018

Nah! Ramuan Tradisional Bisa Mengatasi Sakit Anak, Lihat Nomer 3



Orang tua pasti tidak mau apabila anaknya sampai sakit, karena tidak tega melihat anak yang biasanya ceria, tidak bisa diam, penuh senyum tiba-tiba menjadi pendiam, lesu, dan terlihat tidak berdaya. Tetapi, kadang keadaan itu harus dihadapi. Kecenderungan anak sakit memang lebih tinggi daripada orang dewasa.
Penyakit rutin yang sering diderita anak adalah demam, flu, batuk, atau luka lebam karena jatuh. Daripada orang tua langsung panik dan membawa ke dokter, ada ramuan tradisional untuk mengatasinya.
Berikut ramuan tradisional sebagai pertolongan pertama ketika anak mengalami sakit. 

1. Demam
               Gambar: pixabay.com

Sering kali anak mengalami ini, sebaiknya dihindari pemberian obat penurun panas ketika anak baru mengalami demam. Ambil bawang merah lalu parut campur dengan sedikit minyak telon atau kayu putih kemudian balurkan pada tubuh anak. Selimuti dengan kain tipis, kalau demamnya tinggi bisa dikompres dengan air hangat.
Perbanyak minum agar anak terhindar dari dehidrasi, beri madu atau air kelapa bisa jadi tambahan cairan untuk anak.

2. Batuk
Bila anak terserang batuk, bisa diberikan perasan jeruk lemon dicampur madu dengan sedikit air hangat. Bisa juga dengan memberikan kunyit bubuk yang dicampur madu.

3. Flu biasa
Flu atau pilek bisa diatasi dengan memberikan parutan bawang merah, balurkan pada tengkuk anak dan ubun-ubunnya. Berikan juga minuman yang hangat bisa air jahe atau beras kencur. 
Jemur anak dibawah sinar matahari pagi maksimal 20 menit di bagian dada dan punggung.
Menghirup uap panas dari air yang sudah ditetesi minyak telon dapat membantu melegakan pernafasan.

4. Luka lebam/ ringan
Anak-anak pasti tidak bisa diam, karena tingkat keingintahuannya yang tinggi. Luka ringan karena jatuh, terbentur pasti sering terjadi. Penangannya untuk luka ini adalah dengan mengoleskan madu murni atau minyak tawon ada luka, bersihkan dulu sebelumnya ya.
Jika benjol, rendam beras kemudian tumbuk dengan kencur beri sedikit garam lalu balurkan pada luka.

Ternyata, dengan memakai rempah yang ada dirumah dapat mengatasi sakit pada anak, semoga anak-anak sehat selalu. Menjaga anak tetap bahagia dapat meningkatkan kesehatan mereka juga. Semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar